FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SEKS KITA


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SEKS KITA

Faktor INTERNAL
Faktor internal adalah faktor dari dalam diri kita sendiri. Yang meliputi:

Self esteem
Self esteem adalah penghargaan terhadap diri kita sendiri.
Gimana sih seseorang menilai dirinya secara keseluruhan, ya kepribadiannya, kemampuannya, ya fisiknya. Penilaian ini akan mempengaruhi kepuasan dan penerimaan dia terhadap dirinya sendiri. Pada akhirnya ini bakalan ngefek kepede juga

Keterampilan komunikasi
Maksudnya adalah gimana kita mampu mengekpresikan perasaan, keinginan dan pendapat tentang berbagai macam masalah. Dalam hal ini adalah masalah yang berkaitan dengan seksualitas.

Keterampilan mengambil keputusan
Ini menyangkut gimana seseorang menentukan pilihan yang sesuai dengan dirinya.
Waktu memutuskan untuk nentuin pilihannya tentu dibarengin dengan prinsip yang mateng en mantep. So, nggak asal mutusin aja.
Kayak Dewi, bisa dibilang harga diri yang dimilikinya rendah, soalnya takut diputusin teus mau aja diajakin Doni melakukan hubungan seksual (HUS) yang nggak sesuai dengan pilihannnya. Kalo harga dirinya tinggi nih, dia bakalan menghargai pilihannya sendiri, pede dengan prinsipnya en nggak ancur banget  kalo diputusin.
Trus. Karena nggak pede, keterampilan komunikasinya jadi kepengaruh juga Dewi takut menolak ajakan Doni. Ditambah lagi mungkin dia takut juga seandainya dia menolak keinginan si Doni, maka Doni bakalan kabur engak cintrong lagi. Kalo sampe ditinggal Doni gimana dong dengan nasibnya. Kan susah bok cari pacar lagi, udah untung dapet si Doni.
Mungkin Dewi punya pikiran semacem itu ya, sehingga akhirnya ia memutuskan untuk memenuhi ajakan Doni. Nah, ini jadi keliatan juga nih, bahwa keputusan yang diambil  Dewi  bukan berdasar pertimbangan yang mateng and mantep. (Iya kan.)
Nah, Dewi yang nggak bisa ngomong nolak dianggap sebagai isyarat oke buat HUS oleh Doni. Ah, nggak nolak ini. Sikat aja, man! Doni juga merasa sah-sah aja kalo dia ngajakin Dewi ber-HUS-ria. Doni berpikir, gue kan cowok, wajarkan kalo rada agresip. Dewinya juga mikir, ah, gue kan Cuma cewek, bisa apa. Padahal sebenernya, Cewek en cowok punya kedudukan yang sama-kan dalam mengungkapkan keinginanya, Yes to?



faktor EKSTERNAL
 faktor eksternal, yaitu faktor dari luar diri sendiri.
Faktor dari luar diri ini apa aja sih ? ini nih:

Orang tua
Ortu biasanya memberi nasehat baik langsung maupun nggak langsung tentang prilaku seks yang boleh en nggak boleh dilakuin.
Misalnya kalo pas nonton film yang ada adegan ciumannya, trus mami bilang “Ayo Tong, matiin tipinya!” itu artinya, jangan maen ciuman ya nak… begitu.

Agama
Agama mengajarkan apa sih yang boleh Dilakuin en yang belom boleh dilakuin.Misalnya HUS nggak oleh dilakuin sebelum jadi pengantin,

Temen
Temen gaul tuh pengaruh banget lho, ke prilaku kita termasuk ke prilaku seks. Kalo temen-temen cerita tentang aktivitas seksualnya ditambah pake promosi yang asyoi punya, udah deh, bikin ngiler aja tuh buat segera dipraktekin.

Pacar
Yang namanya pacar bok, wah kemana pergi juga diikutin, ibaratnya ke neraka, eh, ke Amerika pasti bakal dikuntit juga.Tanpa disadari, pacar jadi orang yang nge’fek banget ke kehidupan seksual kita, Ada yang nge’feknya positif ada yang negatif. Misalnya kayak Dewi tadi, prilaku seksnya jadi lebih longgar karena ajakan Doni. Nah, kedekatan fisik dengan pacar juga memicu keinginan untuk melakukan kontak fisik. Ini bakalan runyam kalo diterus-terusin. Bisa nggak ke kontrol.

Oke, sebenarnya masih banyak faktor eksternal laen
yang ikut mempengaruhi prilaku seksual yang dilakukan,
kayak misalnya media masa, norma masyarakat, budaya dan laen-laen.
Yang jelas faktor-faktor eksternal tersebut, bareng faktor internal yang udah dikulitin tadi, punya andil dalam mempengaruhi prilaku seks kita. Begitu….


0 komentar:

About

AYO IKUTAN INVESTASI MUDAH, HEMAT DAN MURAH

bisnis
Copyright © 2013 Setinggi Langit and Blogger Templates - Anime OST.