APA YG HARUS DILAKUKAN KALO PACARAN UDAH NGELEBIHI BATESNYA???


APA YG HARUS DILAKUKAN KALO PACARAN UDAH NGELEBIHI BATESNYA???
apa sih yang musti dilakukan biar nggak ada yang ngerasa rugi kelindes batesnya, nah, santai aja, ada taktiknya kok

TAKTIKNYA adalah NEGOSIASI
Negosiasi adalah proses tawar menawar antara kita dengan pacar dalam posisi yang setara. Kalo ada yang ngerasa terpaksa atau nggak enak, wah itu berarti negosiasinya nggak setara. Udah saatnya deh, kita kudu sadar kalo Cowok en cewek punya hak yang sama untuk ngomong terbuka. Ini nggak lepas dengan gimana kita mengkomunikasikan prinsip kita masing-masing, setidaknya kedua belah pihak jadi tau keinginan pasangannya, syukur-syukur ntar bisa membuat kesepakatan bersama. Idealnya komunikasi ini dimulai sedini mungkin.

KOMUNIKASI
·         PASIF
Contohnya nih, kamu sebenarnya nggak mau melakukan prilaku seks yang diingini pacarmu, tapi kamu nggak pede buat ngomongnya, kamu hanya berharap sesuatu bakal terjadi tanpa mengakui bahwa kamu punya hak untuk menolak. Reaksi yang muncul misalnya nangis, dieem aja nggak ngomong, cabut, ato malah nurut walau sebenarnya kamu nggak pengen.
·         Aku nyerah deh, terserah kamu aja…..
·         Yang penting aku ikut kamu dech….
·         Uang ini sebenarnya untuk bayar buku. Tapi ngga pa-pa dech kamu pake….
·         Aku sebenarnya belum pernah ngeroko. Tapi demi teman bolehlah…
·         Aturan jam 9 malem aku udah harus pulang. Tapi oke-lah kalo kamu yang minta…

·         AGRESIF
misalnya aja kamu nih, kamu ngotot agar orang laen nurutin keinginanmu, meski orang laen gondok setengah mampus berkat gayamu. Ini berarti kamu ngga menghormati pendapatnya. Sejelek-jeleknya keinginan pacar kamu, kan bakal mendidih juga kalo kita ngomongnya pake acara marah, ngumpat, maksa, ngancam, banting-banting barang dll.
l  Dibilangin nggak mau ya nggak mau. Bawel…
l  Pokonya kamu setuju atau nggak, aku tetep pulang, terserah lo mo kemana…
l  Mau nggak? Kalo nggak mau awas kamu yah!
l  Kalo lu mo bolos, awas… tak bilangin guru.
l  Kamu tetep nggak mau nich… Awas ya… lihat aja nanti.

·         ASERTIF/TEGAS
kalo kamu pake gaya asertif berarti kamu ngomong dengan jelas keinginanmu pada pacarmu. Disini nih kamu sadar akan hakmu dan menghormati hak orang laen, dalam hal ini adalah pacarmu.
l  Sorry ya aku emang niat nggak ngerokok.
l  Udah jam 9 malem nich. Bagaoimana kalo kita pulang sekarang….
l  Enggak ah, makasih….
l  Bolos sekolahnya setelah ujian selesai aja… Gimana?


TIGA CARA REAKSI TERHADAP BUJUKAN
MENOLAK
Katakan tidak dengan jelas, bila perlu tinggalkan;
l  Tidak, saya sungguh tidak mau.
l  Tidak, terima kasih.
l  Tidak, saya pergi aja dech.

MENUNDA
Tundalah keputusan sampai kita bisa berpikir dengan lebih tenang:
l  Saya belum siap. Maaf ya………
l  Kita bicarakan nanti dech..
l  Saya akan rundingkan dulu dengan adik saya.

MENAWAR
Mencoba membuat keputusan yang menyenangkan kedua belah pihak.
l  Sebagai gantinya mari kita kerjakan……………..
l  Saya tidak ingin melakukannya. Tapi mungkin kita bisa………….
l  Apa yang membuat kita senang?


0 komentar:

About

AYO IKUTAN INVESTASI MUDAH, HEMAT DAN MURAH

bisnis
Copyright © 2013 Setinggi Langit and Blogger Templates - Anime OST.