PROFESSIONALITAS SEORANG GURU




Keberhasilan seorang guru yang sukses mengajar bisa dilihat dari prestasi siswa yang dididiknya. Tapi bagaimana bilamana siswa tersebut tidak bisa memahami apa yang disampaikan oleh pengjarnya. Kemungkinannya ada tiga, yaitu : 1) karena siswa tersebut memang bodoh, 2) mungkin karena teknik belajarnya yang salah, 3) atau karena guru tersebut kurang professional.
            Berdasarkan pengalaman yang saya alami faktor yang ketigalah yang paling sulit dicari jalan keluarnya, karena sifat beliau yang sudah seperti itu. Padahal ilmu yang beliau miliki sangat tinggi tapi cara mengajarnya yang kurang tepat. Kami dikelas sudah sering mendiskusikannya dengan Badan Konserling (BK) tentang cara mengajar beliau, tapi sampai sekarang masih belum terasa perubahannya. Bahkan ada teman saya memasang status yang secara tidak langsung mengomentari beliau dijejaring social “Kami memang menghargai pengetahuan anda, tapi kami tidak suka dengan cara anda”.
            Padahal mata pelajaran yang beliau pegang  sangat saya sukai, tapi kalau tenaga pengajarnya seperti itu apa boleh buat. Karena di kelas kami tidak mengerti kami harus mencari jalan keluarnya sendiri-sendiri. Bagi mereka yang orang tuanya memiliki penghasilan yang besar bisa mengikuti bimbel di luar sekolah tentunya dengan biaya yang tidak murah. Tapi bagi mereka yang hidup sederhana hanya bisa belajar sendiri (otodidak). Nah, disinilah profesionalits seorang guru dipertanyakan.
            Memang penampilan seorang guru itu sangat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Dan suasana di kelas pun harus kondusif jadi kegiatan belajar mengajar pun akan menyenagkan. Sehingga siswa pun termasuk saya akan sangat bersemangat untuk menimba ilmu, untuk memuaskan dahaga kami akan ilmu.
            Mungkin suatu hari nanti saya akan menjadi seorang guru (amin). Bisa merasakan bagimana suka dukanya menjadi seorang guru. Bilamana suatu hari nanti saya menjadi seorang guru saya akan menjadi guru yang menyenangkan dan dekat dengan murid. Kenapa seorang guru harus dekat dengan anak didiknya? Karena bila dekat dengan anak didikny maka anak didiknya akan merasa nyaman dan tidak canggung bila berhadapan dengan beliau. Dan anak tersebut akan mengakiu keberadaan gurunya di hatinya. Sehingga secara tidak langsung apa saja yang disampaika kepada anak didiknya akan mudah untuk dimengerti.
            Menjadi seorang guru yang professional tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras, sabar, cerdas, dan bisa bersosialisasi dengan siswa. Seorang guru yang professional salah satunya bisa dilihat dari keefesienan waktu mengajar, tepat waktu dalam masuk kelas dan keluar kelas, dan tidak mengganggu waktu pelajaran yang lain. Tidak mengutamakan kepentingan sendiri.



0 komentar:

About

AYO IKUTAN INVESTASI MUDAH, HEMAT DAN MURAH

bisnis
Copyright © 2013 Setinggi Langit and Blogger Templates - Anime OST.